About

Hai Movie Mania dimana pun kalian berada! Selamat datang di blog Moviebuzzter. Blog ini berisi ulasan-ulasan film dan berbagai bacaan menarik tentang film.

Kamis, 21 April 2011

Alangkah Lucunya (Negeri Ini) (2010)

 Alangkah Lucunya (Negeri Ini) adalah film yang dibintangi oleh Reza Rahadian. Film ini disutradarai oleh Deddy Miswar. Di kebanyakan filmnya, dia tidak hanya bertindak sebagai sutradara, tetapi juga aktor. Sutradara ini pernah menyutradarai film antara lain Nagabonar, Nagabonar Jadi 2, Kiamat Sudah Dekat, dan Ketika. Kebanyakan filmnya bermutu dan mendapat piala citra seperti di film Nagabonar Jadi 2. Alangkah Lucunya (Negeri Ini) dengan judul Internasional How Funny (This Country Is) dikirim ke Academy Awards mewakili Indonesia untuk beradu dengan negara lainnya di kategori Best Foreign Language Oscar 2011.

Sejak lulus S1, hampir 2 tahun Muluk belum mendapatkan pekerjaan. Meskipun selalu gagal tetapi Muluk tidak pernah berputus asa.
Pertemuan dengan pencopet bernama Komet tak disangka membuka peluang pekerjaan bagi Muluk. Komet membawa Muluk ke markasnya, lalu memperkenalkan kepada bosnya bernama Jarot. Muluk kaget karena di markas itu berkumpul anak-anak seusia Komet yang pekerjannya adalah mencopet.
Akal Muluk berputar dan melihat peluang yang ia tawarkan kepada Jarot. Ia meyakinkan Jarot bahwa ia dapat mengelola keuangan mereka, dan meminta imbalan 10% dari hasil mencopet, termasuk biaya mendidik mereka.



“Usaha yang dikelola Muluk berbuah, namun di hati kecilnya tergerak niat untuk mengarahkan para pencopet agar mau merubah profesi mereka. DIbantu dua rekannya yang juga sarjana, Muluk membagi tugas mereka untuk mengajar agama, budi pekerti dan kewarganegaraan.
Berhasilkah mereka mendidik anaka-anak tersebut?
Apa yang terjadi jika orang tua Muluk mengetahui bahwa gaji anaknya dari hasil mencopet?



Alangkah Lucunya (Negeri Ini) semakin membuktikan bahwa film Indonesia masih 'hidup'. Di tengah-tengah film horor berbumbu sex yang bertebaran, film ini menyajikan sesuatu yang beda. Bisa diibaratkan sebagai bintang yang paling berkilau dan kerlap-kerlip diantara bintang-bintang yang lain. Dari tema yang diambil, kita sudah dapat menerka bahwa film ini berkualitas. Lihat saja judulnya memakai kurung dan ditampilkan dengan ukuran kecil, yang menandakan film ini untuk menyindir para penguasa Tanah Air. Genre film ini komedi, namun film ini tidak sepenuhnya komedi. Banyak drama dan tema nasionalisme yang ditampilkan oleh sutradara sekaligus aktor film ini. Komedi dalam film ini memang konyol namun komedi itu sangat menyentil dan menyindir para pejabat negara yang kurang becus menangani pemerintahan. 



Berbagai potret kehidupan anak jalanan pun disuguhkan sebegitu menariknya hingga wajar kalau film ini tidak begitu membosankan. Film ini juga menyelipkan tema religi di sela-sela filmnya. Jarang sekali ada film Indonesia yang sebagus ini. Satu hal yang amat disayangkan adalah munculnya berbagai iklan dibeberapa adegannya. Memang tidak mengganggu, namun film layar lebar memang bukan serial atau film televisi, kan? Terlepas dari itu, akting dari pemeran utamanya pun bagus. Ditambah ada beberapa atribut negara kita yang ada di film ini. Jika kamu cinta dengan Indonesia, kamu pasti suka film ini. Film ini bagus sekali, kita harus berterima kasih kepada Deddy Mizwar yang telah memberi warna di perfilman Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar