About

Hai Movie Mania dimana pun kalian berada! Selamat datang di blog Moviebuzzter. Blog ini berisi ulasan-ulasan film dan berbagai bacaan menarik tentang film.

Senin, 18 Juli 2011

The Green Mile (1999)

Film-film yang bersetting di penjara memang mempunyai drama yang berkelas. Sebut saja The Shawshank Redemption yang penuh makna mendalam. Film The Green Mile juga bersetting di penjara dan merupakan film drama kelas Oscar.

Filmnya sendiri disutradarai oleh Frank Darabont yang karyanya sudah dapat dinikmati lewat film berjudul The Shawshank Redemption. Film ini dibintangi oleh aktor yang selalu berakting gemilang, Tom Hanks. Film bergenre drama ini mendapatkan rating R untuk konten seksual dan bahasa.

Paul Edgecomb adalah seorang sipir sebuah penjara yang terkenal angker Cold Mountain Penitentiery. Disana, ada sebuah blok sel yang diberi nama The Green Mile, dimana para tawanan tinggal menghitung hari untuk menemui ajalnya di kursi listrik.
Salah satu penghuninya adalah John Coffey, seorang pria berkulit hitam setinggi dua meter lebih yang didakwa melakukan pembunuhan kejam terhadap dua gadis cilik di sebuah pertanian. Mengira akan mendapat perlawanan brutal, para penjaga terkejut saat tahu bahwa Coffey ternyata adalah pria yang sangat lembut.

Tidak hanya itu, ia bahkan enggan menyakiti hewan dan takut akan kegelapan. Perlahan, kehadiran Coffey mampu mengubah hidup semua yang berada disekitarnya mulai dari tikus peliharaannya, sipir Percy, Paul yang sempat mengalami masalah dengan pernikahannya, sampai istri seorang sipir penjara yang mendadak sembuh dari penyakit mematikan.

Melihat kepolosan Coffey, Paul dan para penjaga lain mulai menyangsikan dakwaan mati yang telah dijatuhkan pengadilan, dan berusaha dengan sekuat tenaga untuk mengubahnya. Namun belakangan mereka menyadari, bahwa tidak mudah menyelamatkan seseorang yang sudah didakwa untuk melewati green mile alias perjalanan menuju kursi listrik.

The Green Mile adalah karya lain dari Frank Darabont setelah membuat film yang luar biasa, The Shawshank Redemption. The Green Mile menghadirkan cerita yang luar biasa dan imajinatif. Sama halnya dengan The Shawshank Redemption, film ini juga bersetting di penjara. Dengan mengeksplor kemampuan luar biasa dan terkesan imajinatif dari lelaki hitam bertubuh besar, namun hatinya baik. Terkesan imajinatif atau fiksi karena ada salah satu adegan yang menurut saya mengganggu dan membuat film ini terkesan imajinatif, yaitu saat lelaki bertubuh besar itu menghidupkan binatang mati. Namun dari segi akting, Tom Hanks dkk mampu membuat film ini lebih hidup. Karakter dan aktingnya sangat menonjol di film ini. Kekuatan utama film ini memang terletak pada aktingnya sebelum naskahnya yang berbobot.



1 komentar: