About

Hai Movie Mania dimana pun kalian berada! Selamat datang di blog Moviebuzzter. Blog ini berisi ulasan-ulasan film dan berbagai bacaan menarik tentang film.

Selasa, 05 Juli 2011

Batman Begins (2005)

Film Batman Begins merupakan perombakan habis-habisan dari 4 film Batman sebelumnya. Dalam film ini, Batman dikisahkan mulai dari awal. Hal itu membuat film ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan 4 film sebelumnya yang berjudul Batman (1989), Batman Returns (1992), Batman Forever (1995), Batman & Robin (1997).
Film ini disutradarai oleh Christoper Nolan, yang sudah terkenal lewat keunikan film Memento. Dibintangi oleh jajaran bintang terkenal antara lain Christian Bale, Alfred Pennyworth, Liam Neeson, Ken Watanabe, Katie Holmes, Cillian Murphy dan Morgan Freeman.
Bruce Wayne adalah seorang milyuner yang mengalami masa kecil tragis, kedua orang tuanya dibunuh didepan mata oleh seorang penjahat. Akibatnya, Bruce bersumpah bakal membalas dendam dengan memberantas semua kejahatan yang ditemuinya di muka bumi. Karena tidak ada kesempatan, pemuda yang frustrasi ini menghilang ke daerah Timur dimana ia bertemu dengan sekelompok ninja yang dipimpin Ra's Al-Ghul. Setelah belajar banyak tentang bela diri, Bruce kembali ke kota Gotham dan mendapatkan bahwa kota yang dicintainya telah dikuasai kelompok kriminal, sementara perusahaan keluarga telah digerogoti. Penemuan sebuah gua tua dibawah rumah tempat tinggalnya, ditambah sebuah mobil berlapis baja hasil karya Lucius Fox, membuat Bruce menentukan pilihan sebagai pemberantas kejahatan dengan identitas baru : Batman.



Dengan bantuan kapten polisi Jim Gordon, Batman berhadapan dengan musuh-musuhnya mulai dari mafia pimpinan Don Falcone, profesor jenius sekaligus pengedar obat terlarang Jonathan Crane yang belakangan menjelma menjadi The Scarecrow, hingga tokoh misterius yang menunggu kesempatan untuk menjatuhkan Batman/Bruce Wayne pada saat yang tepat.


Ini merupakan ide yang bagus untuk merombak semua film Batman terdahulu mulai dari awal. Ini merupakan versi 'gelap' dari film-film Batman sebelumnya. Film ini tidak ada hubungannya dengan film-film Batman sebelumnya. Di film ini, kisah Batman dimulai dari awal. Adegan Bruce kecil menangis saat orang tua Bruce tertembak, mampu menguras air mata.

Film Batman Begins mungkin merupakan gambaran sesungguhnya sosok superhero itu. Disini digambarkan superhero juga mempunyai masa lalu yang kelam. Diceritakan dengan lebih gelap dibandingkan dengan 4 film Batman sebelumnya yang penuh hingar bingar. Film Batman Begins terasa jauh lebih berbeda dan lebih baik. Apalagi film ini mampu menampilkan sisi lain dari sosok pahlawan super itu. Gaya tutur film ini terkesan agak lambat dan lebih banyak porsi drama dibanding aksi manusia kelelawar itu. Namun, merombak film Batman dimulai dari awal merupakan ide bagus, mengingat film ini lebih banyak unggul secara kualitas dari keempat film Batman terdahulu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar