About

Hai Movie Mania dimana pun kalian berada! Selamat datang di blog Moviebuzzter. Blog ini berisi ulasan-ulasan film dan berbagai bacaan menarik tentang film.

Rabu, 08 Juni 2011

Taken (2008)

Seberapa besarkah cinta seorang ayah kepada putrinya? Di film ini pertanyaan tersebut terjawab.
Ini cerita tentang perjuangan seorang ayah (Bryan Mills) untuk merebut kembali anak perempuan semata wayangnya (Kim) dari tangan sindikat penculik.

Kim hidup bersama ibunya (Lenore) yang menikah lagi dengan seorang pria kaya raya. Film itu diawali dengan adegan ulang tahun Kim. Ayahnya memberikan hadiah semacam alat karaoke karena mengingat Kim waktu kecil ingin jadi penyanyi. Ayah tirinya yang kaya raya memberinya hadiah kuda yang tentu saja mahal, bagus dan menyenangkan. 

Agaknya, hubungan antara Bryan yang agen intel dan menjadi pekerja keamanan dengan Lenore tidaklah bagus. Itu tampak sekali ketika ibu Kim mendesak Bryan untuk mengizinkan anak perempuannya yang tinggal di California itu berwisata ke Prancis.

Bryan yang merasa sudah melihat dunia yang luas sangat khawatir dengan kepergian Kim yang berusia 17 tahun hanya berdua dengan temannya, Amanda, yang seumuran. Kim dan ibunya bahkan menyembunyikan rencana untuk tidak hanya ke Paris melainkan ke berbagai kota dan tanpa ditemani orang dewasa. 

Semula Bryan tidak mengizinkan anaknya itu pergi. Bryan dianggap terlalu paranoid karena sifat pekerjaannya. Tapi akhirnya dia mengizinkan anaknya pergi ke Prancis dengan mengajukan sejumlah syarat, termasuk membekalinya dengan telepon internasional yang memudahkan mereka berkomunikasi. 

Lalu terjadilah apa yang dikhawatirkan Bryan. Kim dan Amanda dapat kenalan baru di bandara yang ternyata adalah sindikat penculik gadis-gadis belia.

Kim diculik persis saat ayahnya berusaha meneleponnya. Lalu terjadilah aksi heroik Sang Ayah untuk membebaskan anaknya hanya dalam batas waktu 96 jam. Berbekal informasi sepotong yang direkam dari percakapan telepon dengan anaknya ketika sedang diculik itulah dia melacak sedikit demi sedikit sindikat yang berasal dari Eropa Timur itu (buat film Amerika, paling gampang memang melekatkan sindikat-sindikat itu dengan Eropa Timur).

Proses pencarian hingga menemukan anaknya itu keras dan brutal. Tidak bagus ditonton anak-anak. Bryan juga terkesan terlalu tangguh seperti Bourne dalam film lain. Menembak sekali lawan langsung mati, ditembak berkali-kali tidak kena. Sekali memukul lawan tersungkur, dipukul berkali-kali tidak kunjung kena.

 Dengan cerita yang klasik, film ini menuturkan betapa besar cinta seorang ayah pada anaknya. Jika dalam film Finding Nemo sang ayah ditemani ikan lain untuk menemukan Nemo anaknya, disini sang ayah berjuang sendirian. Dengan kemampuan berkelahi yang dimilikinya, emosi Liam Neeson termuntahkan melalui pukulan-pukulan super cepat yang mampu mengingatkan kita pada film The Bourne Ultimatum. Ekspresi dan mimik muka geram Liam Neeson terlihat total di film ini. Gambaran perbudakan seks di film ini terbilang cukup membuat miris. Dengan diisi score yang sangat cocok membuat tensi penonton naik turun saking menegangkannya film aksi thriller ini. Memang tak ada twist ending, namun film ini mampu membukakan mata kita untuk mencintai ayah kita karena perjuangan sang ayah untuk menemukan anaknya harus bertaruh dengan nyawa. Film ini penuh dengan adegan aksi bela diri yang mengagumkan sekaligus menegangkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar