About

Hai Movie Mania dimana pun kalian berada! Selamat datang di blog Moviebuzzter. Blog ini berisi ulasan-ulasan film dan berbagai bacaan menarik tentang film.

Sabtu, 27 Agustus 2011

Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Indonesia itu negara yang sangat luas, sukunya pun bermacam-macam. Sebuah ide bagus jika sebuah film mengangkat cerita dari pedalaman. Tidak melulu di pulau Jawa seperti film Indonesia kebanyakan. Kali ini, Alenia Pictures memproduksi film di Papua, pulau paling timur Indonesia.

Seorang bintang baru dari Papua pun tercipta. Ada Albert, bintang utama film ini yang bermain sangat bagus di film ini. Albert bahkan menjadi Aktor terbaik FFI 2006. FFI memang tidak fair dengan tidak dipilihnya film ini sebagai film terbaik, malah memilih film yang terbukti menjiplak sebagai film terbaik yaitu Ekskul.

Film ini menceritakan tentang, Film ini adalah kisah nyata. Film ini menceritakan seorang anak dari suku pedalaman Papua yang bernama Denias (Albert Fakdawer ) yang sangat termotivasi untuk sekolah karena sebuah alasan sepele :ibunya mengatakan bahwa gunung takut dengan anak sekolah. Sebenernya ia juga mendapatkan motivasi untuk bersekolah dari bapak gurunya di sekolah darurat (Matias Mucus), dan dari seorang tentara yang dipanggil Maleo (Ari Sihasale). Ia sedang bertugas di dekat desa Denias. Pada suatu hari Pak guru harus pulang ke jawa karena istrinya sakit. Tugas mengajar akhirnya digantikan oleh Maleo. Tapi pada suatu hari sekolah darurat mereka yang hanya sebuah gubuk ternyata rubuh akibat gempa. Tak lama kemudian Maleo pun dipindah tugaskan. Akhirnya Denias tidak bisa bersekolah. Tapi itu tak menyurutkan semangat Denias untuk bersekoalah. Kemudian Denias pun nekat kabur dari rumah menempuh 4 hari perjalanan untuk pergi ke kota mencari sebuah sekolah. Akhirnya ia sampai di komplek PT Freeport Indonesia. Setelah berjuang mati-matian Denias pun bisa diterima dan bersekolah disana.

Sebuah sajian sinema yang apik melalui keindahan dan keunikan Papua. Sajian awal film bak dokumenter hingga tercipta drama yang menyedihkan hingga ending yang sesuai harapan. Akting Albert sangat bagus sekali dan membuat film ini hidup. Akting Marcella Zalianty pun mampu mengimbanginya. Gambar dan suara yang disajikan begitu pas. Apalagi suara merdu Albert mampu mewakili suasana hatinya.

Film ini mampu memberi motivasi bagi penontonnya. Tidak ada pengecualian bagi siapa saja yang ingin sekolah. Baik suku pedalaman maupun orang miskin semuanya wajib mengecam pendidikan. Walaupun sulit atau bertolak belakang dengan tradisi atau masyarakat, namun keinginan adalah sesuatu yang harus dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar